Ketua Komisi III: Kita Fokuskan Pembebasan Lahan Pelabuhan Ujung Jabung

Rabu, 05 Februari 2020 | 10:09:41 WIB | Dibaca: 1088 Kali


Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi. Ahmad Fauzi Ansori

DPRDPROVINSIJAMBI - Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ahmad Fauzi mengatakan, tahun ini Pemprov Jambi sudah menganggarkan dana untuk lanjutan pembebasan lahan akses jalan Menuju Ujung Jabung. "Tahun ini, kita fokuskan pembebasan lahan, kita dorong itu supaya clear," katanya.

Menurut Fauzi, membangun Pelabuhan Ujung Jabung tidak bisa melalui dana APBD saja. Dirinya berharap Anggota DPR RI Dapil Jambi di Komisi V tetap konsisten dan bisa berjuang bersama mewujudkan hal ini. "Kita di dewan memastikan pembahasan lahan. Kita dorong bagaimana bisa dipercepat," jelasnya.

Dirinya berharap, pemerintah pusat memang benar memprioritaskan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung ini untuk bisa dinikmati masyarakat Jambi. "Kita berharap jembatan juga bisa dibangun melalui dana APBN, karena anggarannya juga lumayan besar," tukasnya.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata menambahkan, jika progres pembangunan pelabuhan Ujung Jabung saat ini masih fokus terkait pembebasan lahan untuk akses jalan. "Pembebasan lahan untuk akses jalan 50 persen lagi," katanya.

Sebenarnya, kata pria yang akrab disapa IW ini, anggaran untuk pembebasan lahan akses akan ini sudah dianggarkan pada APBD tahun 2019, namun ada kendala teknis yang menurut BPN harus terlebih dahulu diselesaikan.

"Maka anggaran itu kembali diluncurkan di APBD 2020. Artinya tahun ini pembebasan lahan sudah selesai," tegasnya.

Ia menyebutkan, jika dari pembahasan, anggaran yang dibutuhkan untuk akses jalan menuju Ujung Jabung itu menghabiskan sebesar Rp1,057 triliun.

"APBD Provinsi Jambi 2020 sekitar Rp 60 miliar untuk pembebasan lahan dan peningkatan akses jalan baru," bebernya.

Sementara anggaran yang dibutuhkan pembangunan jalan sepanjang 42,35 Km menghabiskan Rp423,5 Miliar. "Kalau APBD fokus pembangunan jembatan kecil sebanyak 43 unit sekitar Rp207 Miliar,"bebernya.

Dirinya berharap, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung ini bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan masyarakat Jambi. "Kita akan dorong itu sesuai dengan tupoksi kami di dewan," tukasnya.(*)