DPRD Dukung Realisasi Kemingking Jadi Kawasan Terpadu Modern Perdana di Jambi

Selasa, 21 Januari 2020 | 10:36:08 WIB | Dibaca: 39 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi mendukung rencana pembangunan kawasan industri Desa Kemingking di Kabupaten Muarojambi.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata menyampaikan dukungan diberikan karena dewan tentunya sudah mendapat pemaparan dari PT Jambi Kemingking Ecopark dalam meyakinkan mereka.

"Tadi dalam rapat internal, kami semua dewan sudah mendengarkan langsung paparan dari PT. Jambi Kemingking," ujarnya, Selasa (21/1/2020).

Untuk itu Ujung Jabung perlu didorong pengembangan kawasan industri yang merupakan hinterland di sekitar pelabuhan yang diharapkan dapat menciptakan nilai tambah dan daya saing peningkatan ekonomi di daerah.

"Rencana pembangunan kawasan industri itu nantinya dari Kemingking, Desa Rukam, Sekumbung Desa Simpang dan ke Ujung Jabung sehingga diharapkan tol akan melewati itu," tuturnya.

Tol mulai dari Rengat Sengeti, Kota Jambi dan masuk ke Pelabuhan Talang Duku, kalau pembangunan kereta api trans Sumatera dari Betung (Palembang) menuju ke Jambi dan dari Jambi akan terkoneksi ke kawasan industri.

"Pembebasan lahan untuk akses tol baik dari Betung-Jambi maupun dari Rengat-Sengeti-Jambi itu tahun 2020 ini sudah dibebaskan untuk pembangunan akan dimulai tahun 2021," sebutnya.

Lebih lanjut mantan Kadis PUPR ini juga menyampaikan, bahwa sudah masuk kedalam Rencana Pembangunan Jambi Menengah (RPJM) Nasional bahwa Kemingking akan menjadi kawasan industri.

"Sudah di depan mata itu pabrik Sarang Burung Walet sama Tangki Timbun, untuk luasan Kemingking sekitar 2020 hektare, ini dijuga diharapkan akan menjadi kawasan terpadu modern pertama di Jambi yang ramah lingkungan," terangnya.

Kawasan industri modern ini terdiri dari kawasan industri terpadu, pusat logistik berikat, pergudangan modern area perumahan dan area komersial dan pelabuhan internasional.

Kawasan lokasi itu di seputaran Desa Sakean, Lopak Alai, Kota Karang, Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu, Desa Kemingking Dalam, Teluk Jambu dan Desa Dusun Mudo Kecamatan Taman Rajo, setelah itu kan Desa Sungai Rukam, Desa Simpang dan menuju ke Ujung Jabung.

"Ini tentunya sudah dapat dukungan dari Pemerintah Pusat, sebelumnya memang ada sedikit perbedaan pendapat dengan maksuknya Kemingking menjadi kawasan industri di RPJMN, jadi kita dewan provinsi akan mendorong ini agar cepat terealisasi," pungkasnya.(*)

 

sumber :jamberita.com